Penggunaan sandi di maksudkan untuk memperjelas isi komunikasi sehingga tidak terjadi salah pengertian (miss communication) dari informasi yang disampaian. Ada banyak sandi berkomunikasi, tetapi penggunaan sandi yang diijinkan dalam komunikasi radio antar penduduk adalah ten code (Kode Sepuluh).
Berikut ini ten code yang sering digunakan:
code = makna 10-1 = Sulit didengar // Penerimaan buruk 10-2 = Didengar jelas // Penerimaan baik 10-3 = Berhenti mengudara / memancar 10-4 = Benar // Dimengerti 10-5 = Ada pesan untuk disampaikan 10-6 = Sedang sibuk kecuali ada berita penting 10-7 = Mengalami kerusakan // Tidak dapat mengudara 10-8 = Tidak ada kerusakan // Dapat mengudara 10-9 = Mohon diulangi 10-10 = Penyampaian berita selesai 10-11 = Berbicara terlalu cepat 10-12 = Mengundurkan diri karena ada tamu 10-13 = Laporan keadaan cuaca / jalanan 10-14 = Informasi 10-15 = Informasi sudah disampaikan 10-16 = Mohon dijemput / diambil di … 10-17 = Ada urusan penting 10-18 = Sesuatu untuk kita 10-19 = Bukan untuk Anda, harap kembali 10-20 = Lokasi // Posisi 10-21 = Kontak / hubungan melalui telepon 10-22 = Melapor langsung ke … 10-23 = Menunggu // Stand by 10-24 = Selesai melaksanakan tugas 10-25 = Dapatkah menghubungi / kontak dengan … 10-26 = Pesanan terakhir kurang diperhatikan 10-27 = Pindah ke jalur / channel … 10-28 = Nama panggilan // Callsign 10-29 = Waktu hubungan / kontak habis 10-30 = Tidak menaati peraturan 10-31 = Antena yang digunakan 10-32 = Laporan sinyal dan modulasi // Radio check 10-33 = KEADAAN DARURAT // EMERGENCY 10-34 = Butuh bantuan, ada kesulitan di stasiun ini 10-35 = INFORMASI RAHASIA 10-36 = Jam berapa waktu yang tepat ? 10-37 = PERLU MOBIL DEREK DI … 10-38 = PERLU AMBULANS DI … 10-39 = Pesan sudah disampaikan 10-40 = PERLU DOKTER 10-41 = Mohon pindah ke jalur / channel … 10-42 = ADA KECELAKAAN DI … 10-43 = Kemacetan lalu lintas di … 10-44 = Ada pesan untuk Anda 10-45 = Dalam jangkauan mohon melapor 10-46 = Memerlukan montir 10-50 = Mohon kosongkan jalur / channel 10-60 = Apakah ada pesan selanjutnya ? 10-62 = Tidak dimengerti, melalui telepon saja 10-63 = Tugas / pekerjaan dilanjutkan di … 10-64 = Pekerjaan telah selesai / bersih 10-65 = Menunggu berita lanjutan 10-67 = Semua unit setuju 10-69 = Pesanan telah diterima 10-70 = KEBAKARAN DI … 10-71 = Pesawat KRAP (RIG) yang dipakai 10-73 = Kurangi kecepatan di … 10-74 = Tidak // Negatif 10-75 = Penyebab gangguan 10-76 = Dalam perjalanan ke … 10-77 = Belum / tidak menghubungi 10-81 = Pesankan kamar di hotel … 10-82 = Pesankan kamar untuk … 10-84 = Nomor telepon 10-85 = Alamat 10-89 = Butuh montir radio 10-90 = Gangguan pesawat televisi (TVI) 10-91 = Bicara dekat mikropon 10-92 = Pemancar perlu penyesuaian 10-93 = Apakah frekuensi sudah tepat ? 10-94 = Berbicara agak panjang 10-95 = Mengudara dengan sinyal setiap 5 detik 10-97 = Tes pada pemancar 10-99 = Tugas selesai, semua orang selamat 10-100 = Akan ke kamar mandi 10-200 = BUTUH BANTUAN POLISI DI … 10-300 = BUTUH PEMADAM KEBAKARAN DI … 10-400 = BUTUH PETUGAS KETERTIBAN UMUM DI … 10-500 = BUTUH BANTUAN PROVOST DI … 10-600 = BUTUH BANTUAN GARNIZUN DI … 10-700 = BUTUH BANTUAN S.A.R. DI … 10-800 = BUTUH BANTUAN PERUSAHAAN LISTRIK DI …
|
Post a Comment