HOT NEWS! Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini... long life improvement
Monday 3 May 2010
Membuat Mic Compressor Murmer
Banyak para homebrewer amatir radio yang ingin memiliki rangkaian compressor yang murah namun baik kualitasnya, kebetulan beberapa waktu lalu saya surfing dan mendapatkan rangkaian compressor yang menggunakan FET.



Saya telah mencobanya dan hasilnya lumayan bagus,namun ada beberapa modifikasi yang saya lakukan,..


1. Saya menambahkan unit pre-amp mic di depan rangkaian LM324, oleh karenanya resistor 10K sebagai panjar arus masuk ke mic condenser dapat dihilangkan.
2. Trus kapasitor 100 nF yang terpasang pada kaki 3 IC LM324 dapat dibesarkan smp 4,7 uF untuk memberikan kualitas hifi (lebih ngebass)
3. Antara pre amp mic dan input LM324 ada baiknya ditambahi rangkaian galaksi (banyak dipasaran) untuk menaikkan nada tengah suara. Namun output pre-amp ada baiknya di tambah resistor 10k,agar outputnya tidak terlalu besar masuk ke galaksi
4. Setelah compressor saya tambah dengan rangkaian tone controll
5. Output dari tone controll siap dicolokkan ke pesawat 2 meteran

Blok Diagram

Mic condensor ==> Pre-amp Mic ==> Galaksi ==> Compressor ==> Tone Controll ==> Pesawat 2M


Mungkin eksperiment saya ini dapat menjadikan IDE yang berguna bagi kita semua.

From: Eko Pramono (YD2WPE)
www.http://opensource.telkomspeedy.com/
0 Comments:

Post a Comment

<< Home